Ini Dia Obat Pereda Asam Lambung yang Ampuh

Asam lambung adalah zat asam yang terdapat di dalam lambung. Zat asam ini memiliki tugas untuk membantu lambung dalam menghancurkan makanan hingga menjadi lebih lunak dan menjadi ukuran yang lebih kecil. Kemudian, makanan tersebut dapat diproses oleh tubuh menjadi energi, proses ini disebut dengan proses metabolisme. Dari pernyataan tersebut, tentu kita mengetahui bahwa asam lambung merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Namun, bila intensitas dari asam lambung ini terlalu tinggi, justru akan menyebabkan masalah kesehatan seperti maag, maag kronis, hingga tukak lambung. Ketika asam lambung tinggi, seseorang akan merasakan perih pada lambung, mual dan perut kembung, panas, serta perih di mulut dan kerongkongan. Juga bisa menimbulkan gangguan pada tenggorokan, bau mulut, dan sebagainya.

Untuk menghindari terjadinya asam lambung naik, kita perlu mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhinya. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu kita perhatikan :

  1. Faktor Makanan

Makanan yang kita konsumsi dapat menjadi faktor naiknya asam lambung. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak bisa menjadi salah satu penyebabnya. Memakan makanan dalam porsi yang besar juga dapat menghasilkan lebih banyak asam lambung yang dapat menumpuk dan mengiritasi kerongkongan. Selain itu, beberapa makanan lainnya adalah makanan yang digoreng, makanan asam, cokelat, brokoli, kopi, minuman berkarbonasi, makanan pedas, brokoli, hingga alkohol.

  1. Mengalami Stres

Seseorang yang sering merasa stres karena terlalu banyak beban pikiran bisa membuat LES melemah. Akibatnya, asam lambung bisa menjadi naik.

  1. Obesitas

Berat badan yang berlebih juga bisa membuat tekanan tinggi pada perut sehingga menyebabkan otot LES melemah.

  1. Faktor Usia

Orang yang usianya semakin menua, dapat meningkatkan risiko terkena kenaikan asam lambung.

  1. Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang tidak teratur karena malas atau waktu yang sedikit karena banyaknya aktivitas, dapat membuat asam lambung menjadi naik.

 

Untuk mencegah dan mengatasi kondisi asam lambung, kita bisa memulainya dengan memperhatikan gaya hidup kita. Juga dengan mengurangi konsumsi beberapa makanan dan minuman yang telah disebutkan di atas. Jika sudah terkena asam lambung, maka kita perlu pergi ke dokter atau menggunakan obat pereda asam lambung Sucralfate.

Author: Clinton Butler