Info Parenting untuk Mengajari Rendah Hati pada Anak

Anda tentu ingin memiliki anak yang karakternya itu menenangkan dan menyenangkan. Anak yang memiliki sikap rendah hati tentunya akan disenangi banyak orang. Rendah hati merupakan salah satu kepribadian yang terbentuk dari penerapan info parenting tentang membentuk kepribadian anak. Ini cara yang dapat diterakan untuk mengajari anak menjadi rendah hati.

  1. Terapkan di Keluarga

Tidak perlu mencari contoh sikap rendah hati dari lingkungan luar. Anda hanya perlu mulai menerapkannya di dalam lingkungan keluarga. Anak memiliki banyak waktu bersama keluarga, sehingga lebih mudah untuk mencontoh apa yang dilihatnya. Anda perlu menjadi teladan dari penerapan sikap yang rendah hari. Misalnya tidak berkata sombong saat bersama keluarga.

  1. Penerapan Jadwal

Sikap yang rendah hati ini tidak terjadi begitu saja, Anda perlu melatih dan membentuknya. Caranya dapat dilakukan dengan penerapan jadwal. Rendah hati adalah sikap tidak sombong atau tidak angku. Nah, Anda bisa memulainya dengan membuat anak suka menolong orang lain. Dimulai dengan menolong orang tuanya.

Misalnya saja Anda membagi jadwal 3 hari dalamĀ  seminggu anak akan memiliki waktu untuk membantu orang tuanya. Dimulai dengan hal yang kecil saja, misalnya membersihkan tempat tidurnya. Setelahnya membantu Anda untuk membereskan mainannya sendiri. Jika anak sudah mulai tumbuh besar, Anda bisa mengajaknya memasak di dapur atau pekerjaan rumah lainnya.

  1. Berikan Pujian

Info parenting yang menjadi cara untuk mengajari anak untuk bisa rendah hati adalah dengan mengajarinya memberikan pujian kepada orang lain. Anda perlu memberikan pujian ketika anak melakukan sesuatu yang baik atau mencapai sesuatu. Namun, saat anak mengalami kemerosotan seperti nilai yang jelek jangan memarahinya langsung. Hindari untuk memarahi anak di depan umum yang akan membuatnya malu.

  1. Ajarkan untuk Tolong-Menolong

Rendah hati juga dapat ditanamkan dengan mengajari anak untuk tolong-menolong. Anda bisa membawa anak saat memberikan bantuan kepada korban bencana alam. Bisa dengan mengajarinya untuk bersedekah atau berbagai kepada yang tidak mampu. Mulai dari pakaiannya yang sudah tidak dipakai lagi atau pun mainan yang dimilikinya.

  1. Ajarkan Meminta Maaf

Sikap yang rendah hati dengan mau mengakui kesalahan dan meminta maaf. Penting hal ini untuk Anda ajari kepada anak agar anak bisa menjadi orang yang tidak sombong. Meminta maaf karena kesalahan itu berat, hanya orang-orang yang memang rendah hati yang bisa melakukannya dengan mudah. Ajari dengan perlahan-lahan agar anak memahami dengan baik.

Cara ini sebenarnya umum dan mudah dilakukan hanya saja info parenting ini sering sekali terabaikan. Bahkan hari ini orang tua banyak yang melupakannya. Anda yang akan menjadi seorang ibu atau pun ayah penting untuk memahami dan menerapkan ilmu parenting kepada anak. Tujuannya tentu saja untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

Author: Clinton Butler